Selasa, 22 November 2011

CARA MEMBUAT BATIK TULIS

How To Batik Cara Membatik Tulis

How to batik atau bagaimana cara membatik adalah pertanyaan yang sering muncul ketika seseorang melihat keindahan motif-motif batik Indonesia. Keindahan batik Indonesia tidaklah diasingkan lagi karena batik Indonesia mempunyai latar sejarah dan karakter yang kuat dibandingkan dengan batik asia lainnya.

Ok sobat Wong Trusmi untuk hal tersebut saya akan menyusun batik step by step. Mungkin artikel ini akan panjang jadi saya akan bagi beberapa artikel dan kemungkinan tidak akan langsung terpublish semuanya
karena menunggu waktu saya untuk mengetik artikel cara membatik ini, maklum anak saya sudah dua jadi pintar-pintar meluangkan waktu.  Atau kalau tidak sabar datang sendiri ke Trusmi , bisa langsung praktek lagi.

Proses pembuatan batik sebenarnya sederhana tidak sulit seperti yang Sobat Wong Trusmi bayangkan. Semua orang pasti bisa hanya menunggu ketekunan saja. Cuma yang paling repot adalah cara membuat warna baik. Lho kokl repot, kenapa? Emmm begini, dulu waktu di sekolah dalam pelajaran seni pasti kita pernah dipraktekkan cara membuat lukisan kanvas dengan cat minyak atau membuat lukisan cat air. Warna yang diinginkan dapat dengan mudah kita dapatkan, misalnya warna daun kita ambil saja warna hijau campur dengan air atau minyak kalau itu cat minyak. Jika ingin daun muda tinggal campur saja dengan warna kuning, jadi deh hijau pupus. Kalau warnanya salah, misalnya warna laut kuning yang seharusnya biru, ya tinggal tumpangin saja dengan warna biru. Gampang kan dalam membuat lukisan cat minyak dan cat air.

Nah cara membuat warna batik tidak seperti itu, tidak seinstans membuat lukisan. Dalam proses pembuatan warna batik diperlukan pengalaman dan imajinasi peracik warna. Waduh pakai pengalaman sama imajinasi segala macam seperti seniaman saja. Memang… warna batik merupakan warna air yang didapat dari sistem pemanasan warna, teknik pencelupan warna dan pemanasan dengan sinar matahari. Untuk lebih detail mengenai teknik pembuatan warna batik silahkan klik di halaman teknik pewarnaan batik Cirebon. Lalu  how to batik, bagaimana cara membuat batik? Tenang.. jangan pusing dulu, saya akan menerangkan batik step by step.

Yup kembali lagi. Pokok bahasan cara membatik ini akan saya bagi menjadi beberapa artikel : Persiapan Pembuatan Batik, Proses Pengetelan Batik, Macam Kain Batik Tulis, Cara Membuat Motif Batik Tulis, Teknik Membuat Gambar Batik,

Yang penting Sobat Wong Trusmi harus sabar ya menerima postingan how to batik step by step.  Saya akan memaparkan gamblang sesuai kemampuan saya tentang bagaimana cara membatik.

Persiapan Alat  Pembuatan Batik Tulis


Keywords: pembuatan batik, proses pembuatan batik, teknik cara membuat batik, cara membuat batik tulis, alat membuat batik,

Pembuatan batik tulis akan memakan waktu yang lama bisa berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Hmm… Jangan ciut nyali dulu, itu kalau kita mau membuat batik dengan kualitas yang benar-benar halus. Di sini kita kan mau belajar cara membuat batik tulis, jadi kalau bisa  sehari langsung jadi saja.  Batik apa ya yang sehari langsung jadi?
Sebelum kita melakukan proses pembuatan batik  kita harus melakukan persiapan terlebih dahulu yaitu mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan dalam membuat batik. Berikut ini adalah beberapa alat membuat batik.
  1. Lilin malam
Lilin malam merupakan cairan hitam yang cair kalau dipanaskan yang berfungsi sebagai alat untuk membuat pola pada kain batik. Fungsinya adalah sebagai pelindung kain warna air dalam proses pewarnaan sehingga didapat motif batik yang sesuai dengan kontur lilin malam. Bagian yang terkena lilin tidak akan terkena warna sedangkan yang tidak terlindungi lilin akan terkena warna. Lilin warna berfungsi untuk membuat pola atau rengrengan, isian atau isen-isen, dan blok atau tembokan dalam proses pembuatan batik.
  1. Wajan Kecil dan Kompor
Wajan fungsinya sebagai tempat untuk menaruh lilin malam yang selanjutnya dipanaskan dengan kompor. Semula lilin malam ini padat dan harus dicairkain dengan panas. Setelah lilin malam mencair dalam wajan turunkan suhu panas kompor dengan mengurangi apinya. Kalau suhu api terlalu besar akan menagakibatkan lilin malam cepat menguap dan akan membahayakan pengrajin sendiri.
  1. Canting Batik
Untuk pembahasan canting batik Sobat Wong Trusmi dapat membacanya dalam artikel Canting Pena Batik Tulis. Sederhananya canting merupakan alat yang digunakan untuk menaruh malam cair dan kemudian dilukiskan ke kain batik. Dalam perkembangannya untuk pemanasan lilin dapat dilakukan di dalam canting sendiri yaitu dengan menggunakan canting elektonik.
  1. Kain Batik
Kain batik yang biasa digunakan adalah mori yaitu bahan kain yang terbuat dari katun. Ukuran kain mori masih menganut sistem tradisional terkenal dengan nama “kacu”. Satu kacu sama dengan ukuran lebar kain yang ada dikali lebar kain, jadi ukurannya bujur sangkar. Misalnya lebar suatu kain 120 cm maka satu kacu sama dengan 120 cm x 120 cm. Selain kain mori terdapat juga kain sutra dan organdi sebagai media dalam membatik.
  1. Gawangan atau Kanco
Gawangan atau kanco adalah perkakas untuk menyangkutkan dan membentangkan mori sewaktu dibatik. Gawangan dibuat dari bahan kayu, atau bambu. Gawangan harus dibuat sedemikian rupa, sehingga mudah dipindah-pindah, tetapi harus kuat dan ringan.
  1. Penjepit
Fungsinya untuk menjepit kain, baik itu untuk menjepit kain ketika proses penjiplakan atau menjepit kain pada gawangan.
  1. Celemek atau kain pelindung
Untuk melindungi dari tetesan lilin malam panas diperlukan kain pelindung yang ditempatkan di atas paha. Kain ini harus tebal sehingga malam tidak tembus.
  1. Pewarna batik
    pewarna batik yang digunakan setiap daerah berbeda-beda. Pewarna tersebut berasal dari bahan-bahan yang terdapat di daerah tersebut. Di Kebumen misalnya,pewarna batik yang digunakan adalah pohon tom, pohon pace dan mengkudu yang memberi warna merah kesemuan kuning. Di Tegal digunakan pace atau mengkudu, nila, dan soga kayu.
Demikian alat yang dibutuhkan dalam membuat batik tulis. Alat-alat tersebut  tersebut wajib digunakan dalam proses pembuatan batik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar